Rabu, 14 Januari 2015

Tak hanya kekayaan alamnya yang melimpah, kebudayaan di Indonesia pun sangat beragam. Setiap daerah memiliki budaya khas yang menjadikan negeri ini semakin berwarna. Masih meragukan kekayaan negeri sendiri? Berikut rangkuman 19 tempat wisata di Indonesia yang wajib Anda kunjungi:

1. Pulau Komodo

Pantai Pink Pulau Komodo
Pantai Pink Pulau Komodo
Pulau ini merupakan habitat asli binatang komodo, sejenis kadal raksasa pemakan daging. Di Pulau Komodo terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas. Anda bisa melihat komodo yang sedang mengincar mangsanya di banyak lokasi di tempat ini. Sangat penting untuk berkeliling bersama pemandu untuk alasan keselamatan selama berada di sini.
Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan Pulau Komodo dan pulau-pulau lain di kawasan Taman Nasional Komodo sebagai situs warisan dunia karena keberadaan komodo yang hanya bisa ditemui di kawasan ini. Habitat dari hewan yang terancam punah ini adalah alam terbuka dengan padang rumput, pantai berpasir putih dan hutan hujan tropis.
Pulau Komodo meraih penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature yang merupakan penghargaan untuk tujuh tempat wisata alam terbaik di dunia. Penentuan pemenang diperoleh dari hasil voting dan penelitian para ahli, pulau Komodo berhasil meraih voting tertinggi bersama enamtempat wisata lainnya yaitu Air Terjun Iguazu, Hutan Amazon, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Teluk Halong, Pulau Jeju dan Table Mountain.
Komodo sendiri merupakan binatang reptil sejenis kadal raksasa pemakan daging yang panjangnya bisa mencapai 2 – 3 meter dengan berat 100 – 165 kg. Binatang ini memiliki nama ilmiah Varanus Komodoensis, sedangkan warga setempat menyebut binatang ini dengan nama ‘Ora’. Jika dilihat, komodo memang menyeramkan, dengan badan yang besar, kuku yang tajam, kulit yang bersisik dan memiliki lidah bercabang dua yang selalu menjulur. Mangsa utama komodo adalah babi, kuda, rusa, musang, kerbau dan beruk.

Sekilas sejarah Pulau Komodo

Pulau Komodo
Pulau Komodo
Pada tahun 1910, Letnan Steyn Van Hens Broek pergi ke Pulau Komodo untuk membuktikan laporan pasukannya yang mengatakan bahwa terdapat binatang semacam naga di pulau ini. Broek bersama pasukannya yang sudah terlatih kemudian memutuskan untuk datang ke pulau ini untuk memburu binatang tersebut. Dia dan pasukannya berhasil membunuh satu komodo yang kemudian difoto dan dikirim ke Botanical Garden di Bogor.
Tahun 1912 adalah tahun pertama kali keberadaan komodo diketahui umum melalui jurnal yang ditulis Peter A. Ouwens dan dimuat di surat kabar harian milik Hindia Belanda. Ouwens merupakan Direktur Museum Zoologi di Bogor. Kemudian pada tahun 1915, pemerintahan Belanda mulai melarang pemburuan komodo karena khawatir binatang ini akan punah.

Apa yang bisa dilakukan di Pulau Komodo?

Selain melihat kehidupan komodo di habitat aslinya, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan di Pulau Komodo:

Trekking

Pantai Pulau Komodo
Pantai Pulau Komodo
Pulau Komodo tak hanya berisi binatang komodo, Selain komodo, ada banyak binatang lain yang menghuni pulau ini seperti kuda, rusa, berbagai spesies burung, ular, biawak dan masih banyak lagi. Salah satu cara untuk menikmati pulau ini adalah dengan melakukan trekking. Anda bisa melihat binatang-binatang tersebut saat trekking di Pulau Komodo.
Saat trekking, Anda akan diajak mendaki Gunung Ara yang memiliki ketinggian 538 meter di atas permukaan laut. Anda juga akan melewati Water Hole yang merupakan tempat minum dan beristirahat komodo. Anda bisa melihat komodo-komodo yanng sedang minum atau berteduh di bawah pohon di sekitarnya.
Ada empat jalur trekking yang bisa Anda pilih, mulai dari short, medium, long sampai adventure. Panjangnya jalur trekking ini adalah 1 – 8 km tergantung jenis yang Anda pilih. Jika memilih long dan adventure, Anda akan diajak melewati hutan, sungai dan perbukitan yang indah. Sedangkan untuk short, perjalanan akan berakhir di atas perbukitan dengan pemandangan teluk yang mengagumkan. Namun, keempat jalur trekking tersebut akan melewati Water Hole sehingga Anda tak perlu bingung memilih jalur yang mana.
Selama trekking, Anda dan rombongan akan ditemani seorang ranger atau pemandu sekaligus pawang komodo. Ranger akan membekali Anda dengan tongkat yang ujungnya bercabang dua. Dikatakan bahwa tongkat tersebut dibuat dari satu jenis pohon yang bisa menjadi senjata untuk melemahkan komodo. Jika komodo menyerang atau mengejar tiba-tiba, ujung tongkat yang bercabang digunakan untuk menekan leher komodo, dalam waktu singkat komodo akan melemah dan berhenti menyerang.

Menyelam dan Snorkeling

Pulau Komodo
Pulau Komodo
Pulau Komodo tak hanya menawarkan keindahan alam daratan saja. Alam bawah laut di pulau ini juga tak kalah indah. Ada sekitar 386 jenis terumbu karang, 70 jenis bunga karang, rumput laut sebagai rumah bagi ribuan jenis ikan, penyu hijau, paus, hiu, lumba-lumba dan lain-lain.
Alam bawah laut Pulau Komodo dan kawasan Taman Nasional Komodo disebut sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Saat menyelam atau snorkeling di sini, Anda dapat menyaksikan keindahan biota laut yang sangat kaya dan beragam. Dari sekian banyak titik menyelam yang ada, berikut adalah tiga titik menyelam terbaik di Pulau Komodo menurut banyak penyelam:
Batu Samsia
Batu Samsia adalah salah satu titik menyelam yang menjadi favorit. Anda bisa menyusuri serangkaian saluran air dan dapat berinteraksi dengan kura-kura, hiu dan beraneka macam ikan kecil lainnya.
Toko Toko
Toko Toko disebut sebagai istana batu dalam air. Berada di kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut, Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang dengan berbagai warna dan ikan-ikan yang berenang di antara karang.
Crystal Rock
Titik ini juga menjadi favorit para penyelam. Berada di kedalaman 5 meter, Anda bisa menemukan katak ikan, Barramundi Cod, Parrotfish dan beberapa jenis ikan lainnya.
Waktu terbaik untuk menyelam di perairan ini adalah pada bulan Maret – Desember. Hal ini dikarenakan arah angin, suhu air, kuat arus dan musim yang mempengaruhi jarak pandang saat menyelam terhitung baik pada bulan-bulan tersebut.

Apa lagi yang menarik di Pulau Komodo?

Pantai Pink Pulau Komodo
Pantai Pink Pulau Komodo
Di pulau ini terdapat satu pantai yang sangat unik yaitu Pink Beach. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Merah Muda, namun warga sekitar lebih suka menyebutnya sebagai Pantai Merah. Pantai Merah Muda ini memiliki pasir pantai yang berwarna merah muda, warna tersebut akan semakin terlihat jelas pada saat pasir basah oleh ombak.
Menurut penelitian, warna merah muda di pantai ini disebabkan oleh serpihan koral yang hancur dan bercampur dengan pasir pantai. Di dunia tercatat hanya terdapat tujuh pantai dengan pasir berwarna merah muda dan yang berada di Pulau Komodo ini adalah salah satunya.
Pink Beach Pulau Komodo
Pink Beach Pulau Komodo
Keindahan pantai ini bukan hanya pada warna pasirnya yang unik. Alam bawah laut di sini juga terkenal indah. Pantai ini juga seringkali dijadikan lokasi menyelam dan snorkeling.

Transportasi

Transportasi di Pulau Komodo bisa dilakukan melalui udara, darat dan laut atau gabungan dari ketiganya.

Udara

Jika menggunakan pesawat, Anda akan terbang dari Denpasar menuju Labuan Bajo. Setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal ferry untuk ke Pulau Komodo.

Laut

Anda bisa berangkat dari Tanjung Benoa, Bali, menuju ke Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo, perjalanan menuju Pulau Komodo dilanjutkan dengan menggunakan kapal ferry.

Darat

Tersedia bus dari Denpasar menuju Labuan Bajo. Bus akan menyeberang menggunakan kapal ferry. Sesampainya di Labuan Bajo, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kapal ferry lagi menuju Pulau Komodo.
Selain tiga pilihan tersebut, Anda juga bisa memilih Live on Board. Jika Anda memilih Live on Board, Anda akan menginap di atas kapal selama beberapa hari untuk menuju kawasan Taman Nasional Komodo. Selama perjalanan Anda bisa menyelam bersama rombongan dan pemandu. Fasilitas yang diberikan pun terhitung lengkap mulai dari kamar tidur, makan dan juga toilet. Harga yang dikenakan berkisar antara 175 – 10.000 USD per malam tergantung berapa hari paket yang Anda pilih serta fasilitas yang ada. Kapal berangkat dari Bima, Bali, Lombok dan Labuan Bajo.

Akomodasi

Banyak wisatawan memilih untuk menginap di hotel yang ada di Labuan Bajo. Namun selain dari hotel di Labuan Bajo, ada alternatif penginapan lain:

Kapal sewaan

Selain untuk berkeliling, Anda juga bisa menggunakan kapal sewaan untuk menginap. Sebagian kapal telah dilengkapi dengan tempat tidur, toilet dan paket makan. Biaya sewa dan fasilitas tergantung pada besarnya kapal yang Anda sewa.

Rumah penjaga Pulau Komodo

Anda bisa homestay di rumah penjaga atau ranger Pulau Komodo. Rumah ini berbentuk rumah panggung dengan persediaan listrik terbatas. Umumnya listrik akan dipadamkan pada pukul 22:00.
Tips wisata ke Pulau Komodo
  • Saat trekking, jangan membuat gerakan tiba-tiba atau suara gaduh. Komodo sangat peka terhadap gerakan dan suara.
  • Bagi wanita yang sedang dalam masa menstruasi, wajib melapor agar ranger bisa memberi perhatian lebih. Hal ini dikarenakan komodo bisa mencium bau darah dari radius ratusan meter.

2. Trio Gili

Gili Lombok
Gili Lombok
Gugusan pulau di Lombok yang sudah sangat terkenal dan menjadi pusat perhatian adalah Trio Gili (Tiga Pulau) yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Ketiga pulau tersebut memang sudah menyihir para wisatawan baik yang berasal dari dalam negeri maupun wisatawan asing. Keindahan obyek wisata di Trio Gili memang tidak bisa diragukan lagi hingga turis asing pun tidak bosan bosan berkunjung ke Trio Gili di Lombok ini. Anda yang belum pernah merasakan keindahan tempat wisata di sini, dijamin anda akan betah berlama lama di tempat ini jika anda berkunjung ke Trio Gili.
Penampakan Trio Gili Lombok
Melihat potensi wisata yang ada di Trio Gili tersebut, yang bisa memberikan tambahan devisa bagi negara maupun tambahan pendapatan buat penduduk setempat, pemerintah juga telah sigap. Terbukti dengan semakin dikembangkannya fasilitas wisata yang ada di Trio Gili. Di samping itu, akses menuju Trio Gili juga semakin dipermudah dan dipercepat. Akses menuju Trio Gili memang terus menerus diperbaiki dan ditingkatkan. Pelabuhan Bangsal yang menjadi akses utama menuju Trio Gili juga mengalami perkembangan dan pembangunan. Pemerintah juga telah membuat akses jalan tercepat menuju Trio Gili melalui Mataram – Senggigi – Pelabuhan Bangsal – Trio Gili.
Akses menuju Trio Gili melalui Mataram selain menjadi jalan tercepat juga untuk memanjakan wisatawan, kenapa? Pasalnya sepanjang perjalanan menuju Trio Gili dari Mataram ini, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan pantai di Lombok Barat yang begitu mempesona. Keindahan Pantai Batubolong, Pantai Senggigi, dan Pantai Malimbu akan menemani perjalanan anda menuju Trio Gili.Keindahan pantai di sini memang akan membuat anda tidak terburu buru menuju Trio Gili. Anda mungkin jarang menemui suasana pantai seperti di Lombok Barat ini, pantai yang masih asri dan bersih, sungguh sangat sayang untuk dilewatkan.
Jika anda berkesempatan mengunjungi Trio Gili di waktu sore hari, sepanjang perjalanan menuju Trio Gili akan anda saksikan keindahan sebenarnya pantai di lombok, terutama di Pantai Malimbu. Sunset di Pantai Malimbu jangan begitu saja anda lewatkan. Alangkah baiknya jika anda berhenti sejenak untuk menikmati keindahan sore hari di Pantai Malimbu.
Keindahan Pantai Malimbu Lombok
Selain suguhan pantai yang mempesona di sepanjang perjalanan, anda juga akan disuguhi pemandangan pantai di Trio Gili yang tak kalah menariknya. Baik suasana pantai maupun keindahan bawah lautnya semua tersedia lengkap di Trio Gili. Anda yang hobi diving maupun snorkling bisa menyalurkan hobi anda begitu anda sampai di Trio Gili. Di sini memang menjadi favorit wisatawan untuk diving dan snorkling. Bila waktu liburan tiba, jangan heran jika di Trio Gili dipadati wisatawan.
Pantai Gili Trawangan Lombok
Di antara Trio Gili, Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan, yang biasanya paling ramai dikunjungi wisatawan adalah Gili Trawangan, karena memang Gili Trawangan ini merupakan Gili terbesar daripada du Gili lainnya. Mungkin anda akan lebih banyak menjumpai turis asing daripada turis lokal, ya karena memang Lombok, khususnya di Trio Gili ini jadi destinasi favorit wisatawan luar negeri. Cidomo, transportasi khas Lombok menggunakan kuda, akan sering anda jumpai di Gili Trawangan. Gili Trawangan semakin hari semakin ramai. Fasilitas wisata semakin lengkap. Kafe, restoran, hotel di Gili Trawangan mulai bermunculan seiring bertambahnya wisatawan yang berkunjung.
Kegiatan wisata yang bisa anda lakukan di sini seperti bersepeda mengelilingi pantai. Biar tidak capek, sebaiknya anda menyewa sepeda untuk berkeliling pulau, tarifnya cukup murah kok, hanya 20 ribu rupiah. Atau bisa juga berkeliling menggunakan Cidomo tadi dengan tarif 125 ribu. Atau bagi anda yang hobi diving maupun snorkling, bisa anda lakukan di Gili Trawangan ini. Berkunjung ke Trio Gili ataupun Gili Trawangan akan membuat anda betah berlama lama di sini. Dijamin keindahan alam di Trio Gili akan menyihir anda untuk berlama lama di sini.

3. Raja Ampat

Raja Ampat
Danau Sentani disebut sebagai danau terbesar dengan di Papua. Tak mengherankan memang, karena danau ini memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Indonesia ini dihiasi dengan 21 pulau di sekitarnya yang menjadi perkampungan warga.
Apa saja yang bisa Anda lakukan di sini? Banyak. Anda bisa memancing, berenang atau berkelilingdanau dengan perahu sewaan. Jika masih merasa masih kurang, kenapa tak berkunjung ke desa-desa setempat? Anda bisa mampir ke rumah-rumah dan berbincang sambil menikmati kuliner khasnya.
Jika Anda berkunjung pada pertengahan bulan Juni, selamat! Anda bisa sekaligus menikmati Festival Danau Sentani. Festival ini merupakan acara rutin tahunan yang menampilkan berbagai pertunjukkan seni dan budaya Papua. Selain itu, beragam kuliner khas Papua bisa Anda nikmati di sini.

4. Danau Sentani

Danau Sentani
Danau Sentani
Danau Sentani disebut sebagai danau terbesar dengan di Papua. Tak mengherankan memang, karena danau ini memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Indonesia ini dihiasi dengan 21 pulau di sekitarnya yang menjadi perkampungan warga.
Apa saja yang bisa Anda lakukan di sini? Banyak. Anda bisa memancing, berenang atau berkelilingdanau dengan perahu sewaan. Jika masih merasa masih kurang, kenapa tak berkunjung ke desa-desa setempat? Anda bisa mampir ke rumah-rumah dan berbincang sambil menikmati kuliner khasnya.
Jika Anda berkunjung pada pertengahan bulan Juni, selamat! Anda bisa sekaligus menikmati Festival Danau Sentani. Festival ini merupakan acara rutin tahunan yang menampilkan berbagai pertunjukkan seni dan budaya Papua. Selain itu, beragam kuliner khas Papua bisa Anda nikmati di sini.

5. Bali

Bali
Bali
Siapa tak mengenal Bali? Sulit untuk memilih tempat wisata apa yang paling menarik di Bali, karena hampir seluruh penjuru Bali adalah tempat wisata yang luar biasa. Bali memiliki banyak keindahan alam yang sangat indah mulai dari deretan pantainya, suasana pegunungannya sampai pura-pura sakralnya. Dari sekian banyak tempat wisata menarik, yang paling populer di telinga wisatawan tentu saja Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Seminyak, Pura Tanah Lot dan suasana pedesaan Ubud.
Bali menjadi bukti bahwa untuk bisa menari perhatian dunia internasional, budaya dan nilai kekhasan tak perlu dikorbankan. Dengan tetap menjaga budayanya, Bali justru mengundang banyak wisatawan asing untuk datang. Di sini, Anda akan banyak menemui sekumpulan wisatawan asing yang sedang menikmati pertunjukan seni dan budaya khas Bali.

6. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang lagi-lagi ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia, tepatnya pada tahun 2005. Hal ini dikarenakan kekayaan dan keragaman biota lautnya yang luar biasa mulai dari terumbu karang, rumput laut sampai spesies ikan yang ada.
Tempat wisata ini memiliki lebih dari 30 titik menyelam yang menjadi favorit banyak penyelam domestik maupun mancanegara. Selain menyelam dan bersentuhan langsung dengan ikan-ikan di sini, Anda juga bisa menyelam bersama kapal selam yang telah disediakan. Kapal ini memiliki dinding kaca transparan untuk memudahkan Anda melihat pemandangan bawah laut Taman Laut Bunaken tanpa terkena air dan basah. Hmm, menarik!

7. Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya
Puncak Jayawijaya
Puncak Jayawijaya atau yang biasa disebut dengan Puncak Carstensz adalah satu-satunya puncakgunung di Indonesia yang memiliki salju abadi. Puncak ini menjulang setinggi lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut. Yang lebih membanggakan lagi adalah Gunung Jayawijaya masuk ke dalam daftar Seven Summits atau tujuh gunung dengan puncak tertinggi di dunia.
Puncak Jayawijaya ini pertama kali ditaklukan oleh seorang penjelajah asal Belanda bernama Hendrik Albert Lorentz pada tahun 1909. Lorentz berhasil mendaki puncak bersalju ini bersama enam orang suku Dayak Kenyah yang direkrutnya di Kalimantan. Setelah pendakian yang berhasil ini, mulai banyak pendaki yang mengikuti jejak Lorentz untuk menaklukan Puncak Jayawijaya. Hmm, apakah Anda pendaki selanjutnya yang berhasil menaklukan Puncak Carstensz?

8. Tana Toraja

Tana Toraja
Tana Toraja
Tana Toraja memiliki keindahan alam yang luar biasa mulai dari deretan pegunungan dan hijau perbukitannya. Selain kaya akan alamnya, tempat wisata d Indonesia ini juga kaya akan budaya leluhur yang masih dijaga sampai saat ini. Di sini, ada banyak tradisi kuno yang masih dipertahankan, salah satunya adalah Rambu Solo’.
Rambu Solo’ merupakan upacara pemakaman di Tana Toraja. Apa menariknya upacara pemakaman? Eits, upacara pemakaman adat Tana Toraja ini tak bisa Anda lewatkan begitu saja. Rambu Solo’ merupakan satu-satunya upacara pemakan termahal di Indonesia dan mungkin juga di dunia. Upacara ini dilakukan selama berhari-hari dengan biaya yang tak sedikit. Salah satu ritual yang dilakukan adalah sembelih kerbau. Kerbau ini tak cukup hanya satu. Semakin tinggi kasta orang yang meninggal, maka semakin banyak kerbau yang dikorbankan.
Orang-orang Tana Toraja percaya bahwa selama belum dimakamkan, orang yang meninggal adalah orang yang sedang sakit. Tubuhnya sengaja disuntik formalin agar tak membusuk selama menunggu keluarga bisa menyelenggarakan Rambu Solo’. Orang yang meninggal dianggap hanya sedang dalam kondisi sakit saja. Keluarga tetap memperlakukannya seperti orang yang masih hidup, mengajaknya mengobrol dan bercanda. Jika telah dilakukan Rambu Solo’, barulah keluarga percaya orang tersebut sudah meninggal.
Jika Rambu Solo’ kurang menantang bagi Anda, cobalah mengunjungi Londa atau makan gantung ala Tana Toraja. Di sini, Anda bisa menemukan banyak peti mati yang digantungkan dalam gua di tebing curam. Berani berkunjung?

9. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia. Tempat wisata di Indonesia ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991. Candi Borobudur sempat terkubur abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi, sampai kemudian ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles di tahun 1814.
Tempat wisata di Indonesia ini diperkirakan dibangun pada tahun 824. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik dan membentuk 504 arca Buddha, 72 stupa dan sebuah stupa induk tepat di puncak candi. Mitosnya, jika Anda memasukkan tangan ke lubang stupa dan berhasil menyentuh arca yang ada di dalamnya, maka keinginan Anda akan terkabul. Di sini, Anda juga bisa membeli bermacam suvenir mulai dari kaos, gantungan kunci, kipas sampai miniatur Candi Borobudur.
Pada perayaan Waisak, Candi Borobudur menjadi pusat berkumpulnya banyak umat Buddha dari berbagai belahan dunia seperti Tibet dan Thailand. Ritual ini menjadi salah satu daya tarik wisata di sini. Yang paling diminati wisatawan adalah acara puncak berupa pelepasan lampion ke langit. Lampion-lampion tersebut akan dilepaskan bersama dengan doa dan harapan untuk satu tahun ke depan.

10. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah
Jika biasanya Anda bisa mengunjungi sebuah museum untuk lebih mengenal kebudayaan suatu daerah, kali ini Anda bisa mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah sebagai sebuah museum raksasa untuk mengenal kebudayaan Indonesia. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Indonesia yang digagas oleh Tien Soeharto ini menjadi tempat untuk melihat kebudayaan Indonesia dalam versi mini.
Di kawasan tempat wisata di Indonesia ini terdapat sebuah danau dengan pulau buatan yang menyerupai pulau-pulau di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Anda bisa berkeliling danau ini dengan menggunakan perahu angsa yang telah disediakan.
Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki anjungan daerah dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Setiap anjungan daerah berbentuk rumah adat dan di dalamnya terdapat pakaian tradisional, peralatan rumah tangga sehari-hari dan senjata tradisional. Ada juga kafetaria di setiap anjungan yang menyajikan kuliner khas daerah masing-masing.
Selain miniatur kepulauan Indonesia dan anjungan daerah, Taman Mini Indonesia Indah juga masih memiliki banyak museum dan wahana rekreasi untuk keluarga. Tempat wisata di Indonesia ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mengenalkan Indonesia pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

11. KEINDAHAN ALAM DANAU TOBA



Keindahan Alam Indonesia


Foto Panorama Keindahan Alam Danau Toba
Danau Toba merupakan salah satu tempat liburan dan rekreasi terbaik di Indonesia. Danau Toba ini menawarkan keindahan alam danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik. Danau Toba berlokasi di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Keindahan danau ini ditambah dengan keindahan Pulau Samosir yang ada di tengah Danau Toba. Wisata yang menawarkan keindahan ala mini telah menarik para wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Bahkan, objek wisata Danau Toba menjadi salah satu kawasan rekreasi favorit wisatawan mancanegara.

12. TEMPAT WISATA DANAU SINGKARAK

Gambar Danau Singkarak
Foto Danau Singkarak
Danau Singkarak teletak di pulau sumatra adalah merupakan salah satu objek wisata terbaik di Indonesia. Danau singkarak ini berada di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di berlokasi di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Danau Singkarak merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Keindahan Danau Singkarak menjadi tempat ini sebagai salah satu objek wisata favorit di Indonesia, baik untuk wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri. Selain menikmati keindahan alam Danau Singkarak, para wisatawan pun bisa menikmati fasilitas kereta api wisata dengan latar belakang Danau Singkarak.

13. WISATA TAMAN LAUT BUNAKEN

Taman Laut Bunaken
Foto Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken Karena sebagai besar wilayah Indonesia berupa lautan, tak heran banyak objek wisata alam yang menawarkan keindahan laut Indonesia. Salah satu tempat wisata di Indonesia yang menawarkan keindahan laut, yaiut Taman Laut Bunaken. Taman Laut Bunaken berlokasi di Provinsi Sulawesi Utara.Sebagai tempat liburan dan rekreasi, Taman Laut Bunaken memiliki keindahan alam bawah laut yang sungguh sangat memesona. Bagi yang hobi menyelam, Taman Laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi. Dari 20 titik penyelaman, 12 di antaranya menjadi titik favorit penyelam karena keindahan alam bawah laut yang eksotik.

14. WISATA DANAU KELIMUTU

Foto Danau Kelimutu
Foto Danau Kelimutu
Di Nusa Tenggara Timur, terdapat sebuah objek wisata yang eksotik, yaitu Danau Kelimutu. Objek wisata Danau Kelimutu terdiri dari 3 danau yang memiliki keunikan, warna airnya yang berbeda dan dapat berubah. Danau Kelimuti ini berada di Gunung Kelimutu, sebuah gunung berapi di Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu termasuk danau kawah yang berada di Puncak Gunung Kelimutu. Objek wisata ini berlokasi di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

15. WISATA ALAM GUNUNG BROMO

Keidahan Alam Gunung Bromo
Keidahan Alam Gunung Bromo
Indonesia memiliki banyak gunung. Salah satu gunung yang menjadi objek wisata di Indonesia, yaitu Gunung Bromo. Gunung Bromo ini berlokasi di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kota Probolinggo. Keindahan alam Gunung Bromo ini sudah menyihir para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Bahkan, Gunung Bromo diklaim sebagai tempat terbaik untuk melihat matahari terbit dan tenggelam di Pulau Jawa. Oleh karena itu, keindahan alam Gunung Bromo pun sangat tepat bagi Anda yang ingin liburan atau berekreasi sambil menikmati keindahan alam.

16. KEINDAHAN ALAM GUNUNG SEMERU

Keindahan Alam Gunung Semeru
Keindahan Alam Gunung Semeru

Objek wisata gunung lainnya di Indonesia, yaitu Gunung Semeru. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncak Gunung Semeru bernama Mahameru. Bagi para wisatawan yang senang mengunjungi objek wisata gunung, Gunung Semeru merupakan destinasi yang cocok. Keindahan alam Gunung Semeru akan memberikan efek positif bagi Anda. Gunung Semeru yang merupakan gunung berpai berada di Kabupaten malang dan Lumajang.


17. ANAK GUNGUNG KRAKATAU


Gambar Gunung Krakatu
Gambar Gunung Krakatu
Salah satu destinasi liburan yang menawarkan keindahan alam, yaitu Anak Gunung Krakatau. Lokasi gunung ini berada di Selat Sunda, antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Anak Gunung Krakatau ini termasuk gunung vulkanik yang masih aktif. Keindahan alam dan statusnya sebagai gunung berapi aktif menjadikan Anak gunung Krakatau sebagai salah satu tujuan wisata para pelancong dari luar negeri.

18. TAMAN SAFARI

Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia merupakan salah satu objek wisata yang ada di Provinsi Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang berwawasan lingkungan dan berorientasi habitat satwa pada alam bebas. Di Taman Safari Indonesia, pengunjung bisa melihat aneka satwa, terutama hewan yang dilindungi.


19. WISATA SULAWESI SELATAN

Foto Panorama Alam Sulawesi Selatan
Foto Panorama Alam Sulawesi Selatan Losari
Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau kebanggaan Indonesia. Di Pulau Sulawesi sulawesi selatan terdapat banyak sekali potensi keindahan alam yang tidak akan Anda temui di pulau-pulau lain di Indonesia, seperti wisata kupu kupu bantimurung maros, wisata air terjun malino, wisata pantai Tajung bira dan wisata budaya lainya antara lain benteng sumba upo, roterdam makassar, wisata religi Al-Markas, wisata keindahan puncak Gunung Bawa Karaeng dll.Sedikit tambahan bagi Anda yang hendak liburan jika liburan Ingin terasa selalu menyenangkan dan menyegarkan dan Agar dapat menikmati pada saat berlibur maka harus ada perencanaan dan persiapan. ada beberapa tips-tips tempat liburan.

TIPS MENDATANGI TEMPAT LIBURAN

1. PLANNING
Setiap perjalanan pasti memiliki rencana , Pun demikian dengan liburan, Tidak hanya liburan jarak jauh, dekat pun harus memiliki rencana matang. Bahkan biasanya liburan yang “dekat” lebih memerlukan rencana agar tetap mengasyikan. Dari awal liburan ini sudah memberikan tantangan buat Anda, tapi di sinilah seninya.
2. RUTE
Setelah menentukan tempat mana saja yang akan Anda kunjungi, maka selanjutnya tentukan rute perjalanannya, Jika tempat-tempat tersebut berdekatan maka Anda tidak akan kerepotan dalam menentukan rute. Namun apabila tujuannya berjauhan, maka “tugas tambahan” Anda adalah menentukan rute yang paling efektif. Harus diperhatikan Jangan sampai harus bolak-balik dari satu tempat ke tempat lainnya.
3. TRANSPORTASI
Membawa kendaraan sendiri memang lebih praktis dan nyaman, Namun kembali lagi melihat efektivitas waktunya. Jangan sampai karena membawa kendaran pribadi malah menjadikan Anda kerepotan dan tidak dapat menikmati liburan, Banyak alternatif transportasi. Kereta, Trans-Jakarta atau transportasi umum lainnya. Tidak ada salahnya mencoba hal baru untuk liburan yang seru, kan?
4. BUDGETING
It’s the most important thing ! Tentukan budget! Walau hanya berlibur di dalam kota bukan berarti tidak merancang biaya, Lengah sedikit malah bisa mengeluarkan biayasangat besar. Intinya, dekat atau jauh, budget selalu penting.
Nah, Demikianlah ulasan Singkat dari Hasbihtc yang sudah membahas penjelasan mengenai tempat liburan dan rekreasi yang ada di Indonesia. Semoga penjelasan yang disampaikan bermanfaat bagi Anda yang hendak melakukan tujuan wisata kebeberapa tempat yang ada di tanah Air, Wassalam Terimah kasih semoga bisa bermanfaat. Dirangkum Dari Berbagai Sumber.


Read more: http://www.hasbihtc.com/15-tempat-liburan-dan-rekreasi-terbaik-di-indonesia.html#ixzz3OmjD2mcD

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

DESKRIPSI

DI SINI ANDA DAPAT MELIHAT BAGAIMANA DAN BERBAGAI MACAM WISATA DI INDONESIA

.....

JIKA SUDAH MENIKMATI BLOGNYA TOLONG KOMEN TENTANG KEKURANGAN BLOG DAN JANGAN LUPA GABUNG DI MY GOOGEL+

Blog Archive

animasi blog

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget